Minggu, 08 Januari 2012

Pentingnya Menjaga Alam


jajalindo.com
Alam adalah salah  satu hal yang paling penting bagi kelangsungan ekosistem. Namun pada saat ini alam bumi kita sedang terancam. Kita lihat Indonesia di beberapa bagiannya, alam sudah tidak serimbun dulu menurut cerita orang tua. Sebagai contohnya Sukabumi, konon katanya dulu terkenal dengan julukan alamnya yang hijau dan udaranya yang sejuk, mungkin hal itu sudah mulai pudar. rasa dingin yang teramat di pegununganpun mulai berkurang, karena disepanjang perjalanan pegunungan terlihat hanya tumbuhan herba,sedangkan tumbuhan dengan perakaran kuat sudah mulai sedikit. Melihat kondisi tersebut, tidak heran kalo sering terjadi tanah longsong pada daerah perbukitan.  
Penebangan hutan yang tanpa perhitungan dan tanpa antisipasi adalah salah satu penyebab makin meluasnya hutan gundul. Semua disebabkan karena kelakuan-kelakuan manuusia yang tidak bertanggung jawab. Apakah kita akan membiarkan hal ini terus terjadi?

Banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuik menjaga kelestarian alam, dan ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Contoh:
Hal yang bisa dilakukan oleh remaja  :
-   Belajar dan berusaha menjaga alam  contoh : menanam pepohonan, ikut dalam komunitas pecinta lingkungan, mempelajari betapa pentingnya alam bagi kehidupan, dan masih banyak lagi.

Hal yang bisa dilakukan oleh seorang penebang pohon :
-     Jadilah seorang penebang pohon yang bertanggung jawab, contohnya: menggunakan system tebang pilih, segera menanam kembali jika sudah menebang pohon, supaya hutan tidak menjadi gundul dan masih banyak lagi.

Hal yang bisa dilakukan Pemerintah :
-     Optimalkan program penanaman 1000 pohon atau sukseskan GO GREEN, serta         Berusaha mengajak masyarakant untuk melakukan reboisasi dan memperbanyak polisi hutan

Hal yang bisa dilakukan oleh para Guru :
-   Mengajarkan kepada anak-anak supaya mencintai lingkungan, mengadakan lintas alam supaya anak-anak mengetahui betapa pentingnya alam bagi kelangsungan mahluk hidup

Nah banyak bukan cara yang bisa kita lakukan untuk melindungi dan melestarikan alam? kawan kita harus mau mencintai alam karena jika kita mencintai alam alam pun akan memberikan apa yang kita inginkan, ingat cinta itu bukan hanya untuk pacar, alam juga membutuhkan cinta dan kasih sayang.
  
AYO CINTAI ALAM…………. !!!
Oleh: Ranti Nuarita
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar